All about IT

Main » 2008 » May » 4 » Glosarry Teknologi
Glosarry Teknologi
9:20 AM

Bagi orang TI, istilah-istilah di bawah ini pasti sudah tidak asing lagi, tapi bagi teman2 yang tidak bergelut di dunia TI, mungkin merasa asing. Oleh karena itu saya menuliskannya di sini, semoga dapat membantu teman2 yang masih bingung memahami istilah TI.

Binary Number

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal sistem penomoran dengan menggunakan digit 0-9. Namun, dalam sistem binary, angka yang digunakan hanya 2 digit, yakni 0 dan 1.

Sistem komputer hanya berbasis pada angka binary (0 dan 1). Semua operasi perhitungan dalam komputer seperti penambahan, perhitungan, perkalian, dan pembagian, semuanya menggunakan sistem binary.

Driver

Driver merupakan program kecil yang membantu menghubungkan hardware atau peripheral yang terhubung dengan komputer. Dengan adanya driver, sistem operasi komputer dapat mengenal dan menjalankan alat tersebut dengan baik.

Adanya beberapa jenis komponen hardware yang telah dibuat untuk komputer, dan semua komponen memiliki driver yang berbeda untuk setiap sistem operasinya. Pendeknya, driver merupakan program yang memungkinkan sistem operasi berinteraksi dengan perangkat hardware.

HTML

HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat halaman Web dan beberapa informasi lain yang ditampilkan dalam browser. Dengan HTML, pembuatan halaman Web akan menjadi semakin mudah dan sederhana. Tool HTML mendukung bullet, table, font size, color, indenting, dan feature format lainnya. HTML memiliki berbagai jenis tag yang sudah didefinisikan terlebih dahulu yang dapat digunakan untuk membuat halaman Web.

Megapixel

Pixel merupakan sebuah titik kecil yang membuat tampilan gambar digital. Sedangkan megapixel merupakan istilah yang digunakan untuk ukuran resolusi (kemampuan menangkap gambar). Satu megapixel terdiri dari satu juta pixel. Semakin besar angak megapixel, semakin besar resolusinya, sehingga kualitasnya semakin baik. Keuntungannya, gambar yang memiliki resolusi tinggi dapat diperbesar lagi tanpa berkurang kualitasnya. Selain itu, kamera dengan megapixel yang besar dapat menangkap detil yang lebih tajam dan jernih.

POP3

Post Office Protocol version 3 (POP3) merupakan protokol Internet stAndar untuk mengirimkan e-mail lewat Internet. Metode ini sering digunakan untuk pengiriman e-mail dari mail server ke client server. Hal ini memungkinkan Internet Service Provider menyimpan e-mail sampai Anda mendownload e-mail dari mail server ke komputer. Setelah selesai didownload, e-mail pada server akan terhapus.

P2P

P2P merupakan kepanjangan dari jaringan Peer-to-Peer, metode untuk menghubungkan komputer personal lewat Internet atau jaringan pribadi. P2P tidak hanya menghubungkan satu komputer saja, namun juga mampu menghubungkan ratusan komputer secara serentak untuk melakukan satu hal secara bersamaan, sehingga mampu mempercepat pekerjaan.

System Restore

System Restore merupakan feature dalam Windows Me dan XP yang memungkinkan user mengembalikan sistem kembali ke keadaan semula sebelum terjadi kerusakan. Windows XP secara berkala akan merekam penampilan komputer Anda (dikenal sebagai Restore Point) dan menghapus perubahan yang terjadi setelah point of time. Hal ini tidak mempengaruhi file data pribadi Anda. Untuk mengakses feature ini, klik Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools dan pilih System Restore. System Restore tidak bisa mengembalikan program yang sudah di uninstall.

Windows Media Audio

Windows Media Audio, dibangun oleh Microsoft, yang merupakan salah satu audio codec paling populer saat ini. File format .wma merupakan audio recording yang di-encode dengan Windows Media Audio Codec. Nama format ini menunjukkan kalau file audio ini dapat didownload atau dimainkan. Audio dalam format ini dapat disimpan dalam format variable bit rate atau constant.

Sumber : Majalah Computer Easy Edisi Mei 2006 halaman 76-77.

Views: 9066 | Added by: allaboutit | Rating: 0.0/0 |
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:

News calendar

«  May 2008  »
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Login form

Welcome Guest!

Search

Our poll

Rate my site
Total of answers: 17

Statistics


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Copyright MyCorp © 2024 | Make a free website with uCoz