All about IT

Main » 2008 » July » 16 » Perkembangan Teknologi Komunikasi (Bagian 1)
Perkembangan Teknologi Komunikasi (Bagian 1)
4:57 AM

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan Teknologi Informasi sangat mempengaruhi Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi Internet telah merubah cara orang berkomunikasi.

Email, menurut saya merupakan kunci utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan hanya mempunyai satu alamat email, kita dapat mengikuti berbagai model komunikasi yang ada di Internet. Beberapa model komunikasi itu, diantaranya :

1.      Forum

2.      Milis/Group

3.      Situs jejaring sosial

4.      Blog

5.      Situs sharing file

6.      E-learning menggunakan teleconference

Mari kita bahas satu persatu keenam model komunikasi di atas.

Forum

Forum merupakan sebuah wadah diskusi online yang membahas tema atau topik tertentu. Beberapa situs portal atau website sebuah vendor produk, biasanya menyediakan fasilitas forum pada website mereka. Forum ini hanya dapat diikuti oleh pengunjung yang sudah terdaftar di web tersebut. Apabila belum terdaftar, pengunjung web forum, hanya dapat membaca hasil diskusi yang sudah ada, tapi mereka tidak dapat memberi komentar pada forum tersebut.

Form pendaftaran untuk menjadi member forum ini, biasanya mensyaratkan kita mengisikan alamat email, untuk verifikasi user dan password keanggotaan kita. Kode aktifasi biasanya dikirimkan via email.

Contoh web forum yang terkenal untuk para programmer Delphi di Indonesia adalah http://www.delphi-id.org. Di forum ini setiap member bisa membuat topik yang akan didiskusikan ataupun menjawab/memberi komentar atas topik orang lain.

Saya merasakan manfaatnya mengikuti forum ini. Terutama ketika kita mengalami kesulitan dalam kasus membuat program tertentu. Maka kita bisa menanyakannya melalui forum ini. Dengan kita memposting masalah kita di forum, pastinya akan banyak diantara member yang membaca dan memberikan solusi atas masalah kita. Pada forum Delphi ini, benar-benar postingan komentar/jawabannya diawasi oleh moderator, agar isinya tidak menyimpang dari tema forum ini yaitu pemrograman Delphi.

Namun ada beberapa forum yang isinya kurang bermanfaat. Misalnya forum yang ada di web portal detik yang kadang-kadang mengangkat topik yang kurang mendidik. Misalnya kalau tidak salah ingat, saya pernah membaca salah satu topik di forum detik yaitu ”Bagaimana perasaan anda saat ciuman pertama ?”. Saya kira topik tersebut kurang bermanfaat. Oleh karena itu, karena banyaknya forum yang ada, maka kita harus benar-benar pandai memilih dan tahu betul apa tema dan tujuan utama dari forum tersebut.

(Bersambung)


Views: 13277 | Added by: allaboutit | Rating: 4.0/1 |
Total comments: 1
1 CEVCHENKO  
0
assalamualaikum...saya salut dengan ibu euis...semoga ibu euis dapat menjadi motivasi buat junior-juniornya termasuk saya (kalaupun beliau tidak terlalu senang dengan adanya dikotomi senioritas).

Name *:
Email *:
Code *:

News calendar

«  July 2008  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031

Login form

Welcome Guest!

Search

Our poll

Rate my site
Total of answers: 17

Statistics


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Copyright MyCorp © 2024 | Make a free website with uCoz